Pengunjung

Minggu, 03 April 2011

Stasiun manggarai


Stasiun Manggarai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Stasiun Manggarai, 2010.
Stasiun Manggarai (Kode: MRI, +13m) adalah salah satu stasiun kereta api besar di Jakarta,Indonesia. Stasiun ini memiliki jalur hampir sebanyak stasiun Jakarta Kota. Stasiun ini kebanyakan hanya melayani kereta ekonomi komuter tujuan BogorTanah Abang, dan Bekasi. Penumpang tujuan Bogor kebanyakan buruh atau pengamen[rujukan?]. Sore hari ada kereta tujuan Nambo dan kereta Tanah Abang Ekspres koridor Bogor-Tanah Abang parkir di sini sebelum masuk dipo Bukit Duri.
Dari stasiun ini juga diberangkatkan beberapa kereta ekonomi jarak jauh seperti kereta api Kutojaya jurusan Manggarai - Kutoarjo.

Suasana di peron Stasiun Manggarai.

[sunting]Fasilitas lain


Pembangunan Stasiun Manggarai sekitar tahun 1910-an.
Stasiun Manggarai sekaligus berfungsi sebagai dipo penyimpanan kereta-kereta besar. Banyak kereta kelas eksekutif dan bisnis diparkir di stasiun ini yang selanjutnya akan menuju kestasiun Gambir atau Jakarta Kota. Jalur kereta api dari Bandara Soekarno-Hatta yang sedang dalam perencanaan juga dijadwalkan akan berakhir di stasiun ini.
Bersebelahan dengan dipo dan stasiun Manggarai ini terdapat Balai Yasa Manggarai, yang merupakan bengkel untuk melakukan perawatan rutin dan mereparasi kereta-kereta penumpang. Kemudian, tidak jauh di selatan stasiun ini terletak dipo KRL Bukit Duri, tempat penyimpanan dan perawatan harian aneka kereta rel listrik dan diesel.



Stasiun sebelumnya:
Stasiun Mampang
Jalur KA Tanahabang-ManggaraiStasiun berikutnya:
---
Stasiun sebelumnya:
Stasiun Cikini
Jalur KA Jakarta Kota-ManggaraiStasiun berikutnya:
---
Stasiun sebelumnya:
---
Jalur KA Manggarai-PadalarangStasiun berikutnya:
Stasiun Tebet
Stasiun sebelumnya:
---
Jalur KA Manggarai-JatinegaraStasiun berikutnya:
Stasiun Jatinegara

0 komentar:

Posting Komentar