Pengunjung

Sabtu, 09 April 2011

Ka Lodaya


empat dikenal dengan nama KA Pajajaran/ Senja Mataram. Produk ini diluncurkan pertama kali pada tanggal 11 Maret 1992 melayani pemerjalanan koridor Yogyakarta – Bandung dan sejak tanggal 1 September 1992 diperluas layanannya untuk melayani pemerjalanan koridor Solo – Bandung.
 
 
 
  




Untuk meningkatkan pelayanan dan lebih mendekatkan kepada pelanggan, pada tanggal 2 Mei 2000 dilakukan peremajaan rangkaian KA Pajajaran/ Senja Mataram dan diganti namanya menjadi KA Lodaya. Nama Lodayadiambil dari cerita rakyat Tatar Sunda yangkin Macan Lodaya yang merupakan penjelmaan dari Prabu Siliwangi ketika berhadapan dengan Prabu Kian Santang.


Kereta api ini menawarkan alternative perjalanan pada malam hari dari arah Solo menuju Bandung dan pada siang hari dari arah sebaliknya, sehingga tepat saat adzan subuh berkumandang di sejumlah mesjid pada saat itulah KA Lodaya memasuki Kota Bandung.


Dalam perjalanan Bandung – Solo pada siang hari pemerjalan dapat menikmati indahnya panorama Bumi Parahyangan Bagian Timur. Perjalanan sejauh 447 km ini ditempuh dalam waktu 8 jam 30 menit dan hanya berhenti di Stasiun Tasikmalaya, Banjar, Kutoarjo, Yogyakarta dan Klaten

 
 
 
Fasilitas & Spesifikasi Teknis Kereta
Item
Keterangan
Interior
Desain disesuaikan dengan aspek estetika, keselamatan & kenyamanan, dilengkapi peredam suara & isolasi panas tidak mudah terbakar
Desain disesuaikan dengan aspek estetika, keselamatan & kenyamanan, dilengkapi dengan isolasi panas tidak mudah terbakar
Tempat duduk
  • Kapasitas 52 tempat duduk perkereta
  • Reclining & revolving seat system
  • Dilengkapi meja statis & sandaran kaki
  • Desain ergonomis
  • Kapasitas 64 tempat duduk perkereta
  • Revresing seat system
  • Desain ergonomis
Pintu ruangan
Sistem geser manual
Sistem geser manual
Jendela
Kaca tetap dupleks, lapisan laminasi isolator panas dilengkapi dengan tirai
Kaca tetap dupleks dapat dibuka bagian atas, lapisan laminasi isolator panas
Penyegar udara
2 set Air Condtioner (AC) perkereta
Kipas angin (fan)
Jenis bogie
K5/TB.398 dan K8/NT.60, dengan system suspense conical rubber boundeddan coil spring dilengkapi bolster anchor serta vertical shock absorber(memperhalus goncangan)
K5/TB.398 dan K8/NT.60, dengan system suspense conical rubber boundeddan coil spring dilengkapi bolster anchor serta vertical shock absorber(memperhalus goncangan)
Fasilitas keselamatan
Tabung pemadam kebakaran, emergency brake
Tabung pemadam kebakaran, emergency brake
Fasilitas lainnya
Toilet
Toilet
 
 

0 komentar:

Posting Komentar