Pengunjung

Kamis, 14 April 2011

Arsip / Koleksi Tua


Peninggalan-peninggalan masa lalu secara tertulis atau tersurat bisa dikatakan menjadi arsip tua. Buku-buku atau surat-surat administrasi lama dan langka perlu langkah konservasi. Tulisan sejarah kereta api dapat ditelusuri dari kesediaanya arsip-arsip ini. Disamping untuk fungsi pendidikan, arsip tua ini dapat digunakan sebagai wisata arsip.
PT Kereta Api Indonesia (Persero), mempunyai arsip-arsip tua yang sangat penting untuk ditata kembali. Untuk itu PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah berusaha menyusun kembali sesuai tata cara umum, yakni didata melalui masa ke masa kejadian supaya mudah dalam pembelajaran.
KategoriDeskripsiPeralatan Terkait
Peta Tua Peta Tua Jalur Kereta Api di Sumatra, Jawa dan Sulawesi 
Stempel Tanggal Tiket
Alat ini digunakan untuk memberi cap/stempel tanggal ke tiket kereta api saat stasiun mengeluarkan tiket tersebut. Alat cap/stempel ini biasanya berada di loket stasiun. Alat ini sudah jarang digunakan karena biasanya sudah diganti alat stempel tanggal yang lebih portable.
Lampu lokomotif uap
Sumber energi untuk lampu lokomotif uap ini berasal dari pembangkit listrik yang menggunakan mini generator. Mini generator ini diputar oleh mini steam turbin yang mendapat supply uap dari tangki uap yang tugas utamanya sebagai pendorong piston pemutar roda.
Mesin Cetak Tiket
Mesin Edmonson ini digunakan untuk mencetak tiket kereta api yang terbuat dari karton yang berukuran sekitar 6 cm X 3 cm. Mesin ini sudah jarang digunakan karena pencetakan tiket sudah menggunakan sistem komputerisasi.
Handle Sinyal
Handle sinyal ini digunakan untuk sistem persinyalan  Simenes & Halske manual
Handle Sinyal
Handle sinyal ini digunakan untuk sistem persinyalan Simenes & Halske semi otomatis
Genta
Genta stasiun digunakan untuk memberi tanda kepada petugas di stasiun mengenai kedatangan / keberangkatan kereta api di stasiun tersebut.
Genta
Genta PJL (Petugas Jaga Lintasan) digunakan untuk memberi tanda kepada petugas PJL di pos PJL bahwa tidak lama lagi akan ada kereta api yang melintas sehingga PJL wajib segera penutup pintu perlintasan. Posisi Genta PJL berada di dekat pos PJL.
Jam antik
Jam stasiun ini biasanya menggunakan tenaga gabungan antara mekanik dan listrik, yang mana tenaga mekanik hanya digunakan saat listrik padam.
Corong Air
Alat ini digunakan untuk mengalirkan air dari menara air dan sumur ke lokomotif uap.
Jembatan timbang
Jembatan timbang digunakan untuk menghitung berat total seluruh kereta / gerbong dalam rangkaian kereta. Mesin timbangan berada di dalam gardu timbang, namun saat ini sudah banyak gardu timbang yang dibongkar sehingga mesin timbangan tidak terlindungi dari panas/hujan.

0 komentar:

Posting Komentar